Wednesday, February 28, 2024

KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Ketika kita memasuki sebuah toko besar yang menjual beraneka ragam barang kebutuhan, barang tersebut dikelompokkan dalam rak-rak tertentu. Misalnya rak untuk seragam sekolah, rak buku dan alat tulis, rak peralatan dapur dan sebagainya.

Kenapa perlu dilakukan pengelompokkan seperti itu?

Pastinya barang-barang tersebut dikelompokkan agar memudahkan para pembeli untuk menemukan barang sesuai kebutuhannya. Nah ternyata dalam mengenali dan mempelajari makhluk hidup juga demikian, para ilmuwan mengelompokkan makhluk hidup sesuai dengan karakteristiknya.

A. Klasifikasi Makhluk Hidup

Jumlah makhluk hidup sangatlah banyak dan beragam, sehingga untuk memudahkan mengenal dan mempelajari makhluk hidup diperlukan adanya pengelompokkan atau klasifikasi.

  1. Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk memudahkan mengenal dan mempelajari makhluk hidup.
  2. Klasifikasi dilakukan berdasarkan adanya persamaan dan perbedaan ciri atau sifat. Misalnya :
    • Tanaman teratai, eceng gondok, dan selada air dikelompokkan dalam tanaman hidrofit karena memiliki persamaan :
      1. daunnya lebar dan tipis
      2. batang berongga
      3. pada permukaan daun bagian atas banyak terdapat stomata
      4. akarnya pendek dan tertanam dalam air
    • Kaktus dan kurma tidak dikelompokkan dalam tanaman hidrofit tetapi dikelompokkan dalam tanaman xerofit, kenapa demikian?
  3. Makhluk hidup yang memiliki banyak persamaan akan semakin dekat hubungan kekerabatannya. Sedangkan makhluk hidup yang memiliki banyak perbedaan semakin jauh hubungan kekerabatannya.
  4. Ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup disebut taksonomi.
  5. Tingkatan dalam klasifikasi makhluk hidup disebut takson. Takson yang memiliki jumlah anggota paling banyak menduduki posisi tertinggi di dalam klasifikasi makhluk hidup. Sedangkan takson yang hanya memiliki jumlah anggota satu jenis makhluk hidup menempati posisi terendah.
  6. Bapak taksonomi adalah Carolus Linnaeus.
  7. Klasifikasi Makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus :
    • Makhluk hidup dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu kingdom plantae dan kingdom animalia.
    • Taksonnya yaitu :
    • Takson Hewan Takson Tumbuhan
      Kingdom/regnum Kingdom/regnum
      Phylum Divisio
      Classis Classis
      Ordo Ordo
      Familia Familia
      Genus Genus
      Species Species
    Kingdom
    Tingkatan takson tertinggi dengan jumlah anggota takson terbesar. Pada klasifikasi 5 kingdom terdiri dari Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia.
    Filum/Divisi
    Filum bagi hewan dan divisi bagi tumbuhan. Pada klasifikasi 5 kingdom, kingdom plantae terdiri dari divisi Bryophyta, Pteridophyta, dan Spermatophyta. Khusus pada divisi tumbuhan, nama divisi selalu menggunakan akhiran -phyta. Sedangkan pada kingdom animalia terdapat 9 filum.
    Kelas
    Nama kelas pada tumbuhan di beri akhiran -opsida. Misalnya pada Angiospermae memiliki dua kelas yaitu Magnoliopsida (dikotil) dan Liliopsida (monokotil).
    Ordo (Bangsa)
    Nama ordo pada tumbuhan di beri akhiran -ales. Misalnya pada Magnoliopsida (dikotil) memiliki ordo Solanales, Cucurbitales, dan Malvales.
    Famili (Suku)
    Nama akhiran takson familia pada tumbuhan menggunakan akhiran -aceae misalnya Cucurbitaceae, Asteraceae dan Poaceae. Adapun pada hewan, takson familia memiliki akhiran -idae misalnya Felidae, Canidae dan Homonidae.
    Genus (Marga)
    Kaidah penulisan nama genus yaitu huruf pertama ditulis kapital dan dicetak miring atau digaris bawah. Sebagai contoh jagung (Zea) dan padi (Oryza).
    Spesies
    Merupakan tingkatan takson yang paling rendah dan paling banyak memiliki persamaan. Suatu organisme dikatakan satu spesies dengan organisme lainnya jika dikawinkan dapat menghasilkan keturunan yang fertil. Tata nama penulisan spesies menggunakan aturan binomial nomenclature. Pada organisme satu spesies terkadang masih ditemukan perbedaan ciri yang sangat jelas, sangat khusus atau bervariasi sehingga disebut varietas.

B. Binomial Nomenclatur

Carolus Linnaeus membuat tata cara pemberian nama makhluk hidup yang disebut tata nama ganda atau Binomial nomenclatur.

Aturan dalam sistem Binomial Nomenclatur

  1. Penulisan menggunakan bahasa latin atau yang dilatinkan.
  2. Terdiri atas dua suku kata. Kata pertama menunjukkan genus dan kata kedua menunjukkan nama spesisesnya.
  3. Huruf kata pertama ditulis kapital, sedangkan huruf kata kedua ditulis huruf kecil.
  4. Dicetak miring atau digarisbawahi secara terpisah untuk nama genus dan nama spesiesnya.

Contoh : Nama ilmiah padi adalah Oryza sativa atau dapat pula ditulis Oryza sativa. Oryza menunjukkan nama genus dan sativa menunjukkan nama spesies.

C. Kunci Klasifikasi

Kunci klasifikasi digunakan untuk mempermudah mengidentifikasi makhluk hidup yang beraneka ragam dan mengelompokkannya berdasarkan ciri-ciri dan karakteristik yang ada pada makhluk hidup tersesbut.

Salah satu kunci klasifikasi yang dapat digunakan adalah kunci dikotomi. Kunci dikotomi adalah kunci determinasi yang terdiri atas dua keterangan yang berlawanan dari ciri-ciri yang dimiliki oleh suatu jenis atau kelompok makhluk hidup.

Contoh:

Bagan dikotomi
...
Tabel dikotomi
1.a. Memiliki tulang belakang .... 2
b. Tidak memiliki tulang belakang .... 5
2.a. Memiliki kelenjar mamae .... Mamalia
b. Tidak memiliki kelenjar mamae .... 3
3.a. Bernapas menggunakan insang .... Pisces
b. Bernapas tidak menggunakan insang .... 4
4.a. Tubuh ditutupi oleh sisik yang kering .... Reptil
b. Tubuh ditutupi oleh bulu .... Aves
5.a. Memiliki cangkang dan berjalan dengan perut .... Gastropoda
b. Tdak memiliki cangkang .... 6
6.a. dan seterusnya .... ....
Dari kunci determinasi di atas, maka kunci dikotomi untuk :
  1. Burung pipit : 1a, 2b, 3b, 4b
  2. Kadal : 1a, 2b, 3b, 4a

Soal Latihan

Pilihlah salah satu jawaban berikut yang paling tepat!

  1. Seorang siswa diberikan tugas oleh gurunya untuk mengelompokkan nama-nama hewan berdasarkan persamaannya menjadi 2 kelompok. Diantara hewan tersebut adalah penguin, kuda laut, zebra, salamander, dan cicak. Pengelompokan yang tepat dilakukan siswa tersebut adalah ....
    1. penguin, salamander, kuda laut sebagai kelompok 1 sedangkan zebra dan cicak sebagai kelompok 2
    2. penguin dan kuda laut sebagai kelompok 1 sedangkan salamander, cicak, dan zebra sebagai kelompok 2
    3. penguin dan zebra sebagai kelompok 1 sedangkan kuda laut, salamander, dan cicak sebagai kelompok 2
    4. zebra dan kuda laut sebagai kelompok 1 sedangkan penguin, cicak, dan salamander sebagai kelompok 2
  1. Urutan klasifikasi berikut manakah yang menunjukkan urutan dari tingkat yang jumlah persamaan ciri-cirinya banyak ke tingkat dengan jumlah persamaan sedikit ....
    1. kelas - ordo - famili - genus - spesies
    2. kelas - famili - ordo - genus - spesies
    3. spesies - genus - famili - ordo - kelas
    4. ordo - kelas - famili - genus - spesies
  1. Makhluk hidup yang paling dekat kekerabatannya adalah ....
    1. Phantera tigris dan Felis catus
    2. Oryza sativa dan Zea mays
    3. Alpinia galanga dan Kaempferia galanga
    4. Capsicum annum dan Capsicum frutescens
  1. Perhatikan urutan taksonomi dari durian berikut!
  2. Kingdom : Plantae
    Divisi : Magnoliophyta
    Kelas : Magnoliopsida
    Ordo : Malvale
    Famili : Bombacaceae
    Genus : Durio
    Spesies : Durio zibethinus

    Pernyataan yang sesuai dengan taksonomi tersebut adalah ....

    1. Jumlah anggota magnoliopsida lebih sedikit dibandingkan Malvale
    2. Anggota Bombacaceae lebih banyak persamaannya dibandingkan anggota Durio
    3. Anggota Bombacaceae lebih sedikit dibandingkan dengan anggota Magnoliophyta
    4. Durio merupakan takson yang paling banyak anggotanya
  1. Berikut adalah tujuan klasifikasi yang dilakukan oleh para ahli taksonomi, kecuali ....
    1. membuat kunci klasifikasi sederhana
    2. mempelajari evolusi makhluk hidup
    3. mempermudah identifikasi makhluk hidup
    4. mempelajari keakraban antar makhluk hidup
  1. Penulisan nama ilmiah yang tepat untuk singkong sesuai aturan binomial nomenclatur adalah ....
    1. Manihot Esculenta
    2. Manihot esculenta
    3. Manihot esculenta
    4. Manihot esculenta
  1. Begal bersifat steril, begal dihasilkan dari perkawinan kuda betina dengan keledai jantan. Kesimpulan dari peristiwa tersebut adalah ....
    1. kuda dan keledai satu spesies karena menghasilkan keturunan
    2. kuda dan keledai satu spesies karena dapat dikawinkan
    3. kuda dan keledai berbeda spesies karena keturunannya subur
    4. kuda dan keledai berbeda spesies karena keturunanya bersifat mandul
  1. Kucing dan macan mempunyai level terdekat yang sama dalam tingkatan takson?
    1. marga
    2. suku
    3. bangsa
    4. kelas
  1. Urutan takson untuk tumbuhan yang paling tepat adalah ....
    1. divisi – kelas - famili - genus - spesies
    2. divisi - famili - kelas - genus - spesies
    3. filum – kelas - famili - genus - spesies
    4. filum – famili - kelas - genus - spesies
  1. Untuk mempermudah mengenali suatu makhluk hidup dilakukan sistem pengelompokkan atau klasifikasi. Ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi makhluk hidup disebut ....
    1. taksonomi
    2. zoologi
    3. histologi
    4. botani
  1. Perbedaan ciri dalam satu kelompok makhluk hidup dapat menimbulkan ....
    1. pengelompokkan
    2. kenanekaragaman
    3. persamaan ciri
    4. kekerabatan
  1. Manusia mempunyai ciri-ciri yang beraneka ragam. Ada tipe orang Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika. Hal tersebut menunjukkan adanya ....
    1. persamaan
    2. variasi
    3. keseragaman
    4. fosil
  1. Perhatikan kunci dikotom berikut!
  2. 1.a. Tidak memiliki berkas pembuluh .... Thallophyta
    b. Memiliki berkas pembuluh angkut .... 2
    2.a. Biji tidak ditutupi oleh daging buah .... Gymnospermae
    b. Biji ditutupi daging buah .... 3
    3.a. Berkeping biji tunggal .... Monokotil
    b. Berkeping biji dua .... 4
    4.a. Bunga seperti terompet .... Solanaceae
    b. Bunga tidak seperti terompet .... 5
    5.a. Batang bergetah seperti susu .... Euphorbiaceae
    b. Batang tidak bergetah seperti susu .... 6
    6.a. Biji terletak pada ruang/polong buah .... Fabaceae

    Urutan identifikasi yang benar untuk tanaman karet adalah ....

    1. 1b – 2b – 3b – 4a
    2. 1b – 2b – 3b – 4b – 5a
    3. 1b – 2b – 3b – 4b – 5a – 6a
    4. 1b – 2b – 3b – 4b – 5b – 6a
  1. Seorang peserta didik melakukan pengamatan tumbuhan dengan membuat kunci dikotomi berikut.
  2. 1.a. Tumbuhan berspora .... 2
    b. Tumbuhan berbiji .... 3
    2.a. Akar rizoid .... tumbuhan a
    b. Akar serabut .... tumbuhan b
    3.a. Tulang daun menyirip .... 4
    b. Tulang daun sejajar .... Tumbuhan c
    4.a. Mahkota bunga berbentuk terompet .... tumbuhan d
    b. Mahkota bunga berbentuk kupu-kupu .... tumbuhan e

    Berdasarkan kunci dikotom tersebut dapat disimpulkan bahwa ....

    1. tumbuhan a adalah paku ekor kuda dan tumbuhan b adalah lumut daun
    2. tumbuhan b adalah paku ekor kuda dan tumbuhan c adalah kapas
    3. tumbuhan c adalah jagung dan tumbuhan d adalah tomat
    4. tumbuhan d adalah kacang tanah dan tumbuhan e adalah terung
  1. Perhatikan kunci dikotom berikut!
  2. 1.a. Hewan tidak bertulang belakang .... 2
    b. Hewan bertulang belakang .... 5
    2.a. Memiliki tubuh lunak .... 3
    b. Memiliki tubuh yang dilindungi eksoskeleteon dari zat kitin .... 4
    3.a. tubuh dilindungi oleh cangkang .... hewan a
    b. Tubuh tidak dlindungi oleh cangkang .... hewan b
    4.a. Alat gerak berupa kaki berbuku-buku .... hewan c
    b. Alat gerak berupak kaki dan sayap .... hewan d
    5.a. Bernapas menggunakan insang .... hewan e
    b. Bernapas menggunakan paru-paru .... 6
    6.a. bergerak dengan sayap .... hewan f
    b. bergerak dengan sirip .... hewan g

    Berdasarkan kunci dikotom tersebut dapat disimpulkan bahwa ....

    1. hewan a adalah bekicot dan hewan g adalah penguin
    2. hewan b adalah gurita dan hewan d adalah lebah
    3. hewan c adalah kelabang dan hewan e adalah paus
    4. hewan d adalah gurita dan hewan f adalah burung elang










No comments:

Post a Comment